Sabtu, 24 Maret 2012

Perokok Berisiko Tinggi Jadi Pecandu Kokain

CALIFORNIA - Para ilmuawan dari Colombia University mengklaim rokok merupakan awal mula penyebab orang memakai narkoba dan berisiko tinggi menjadi pencandu.

Mereka mengatakan rokok dan alkohol merupakan "pintu gerbang" yang mengarahkan seseorang untuk menggunakan ganja, kokain, ekstasi, dan obat terlarang lainnya. Demikian seperti dikutip TG Daily, Minggu (6/11/2011).

Sebuah artikel mengenai "Science Translational Medicine" yang ditulis Amir Levine, Denise Kandel, Eric Kandel, dan rekan lainnya di Columbia University Medical Center memberikan penjelasan molekuler mengenai urutan "pintu gerbang" seseorang yang akhirnya menggunakan narkoba.

Mereka mengklaim sudah menguji penemuan mereka di laboratorium terhadap tikus (yang memiliki struktur syaraf mirip manusia). Para ilmuwan menyebutkan nikotin merupakan penyebab perubahan dalam otak sehingga tidak berdaya ketika melawan kecanduan kokain.

Tingkat penggunaan nikotin dan kokain yang dianalisis menentukan sebuah rezim perlakukan awal nikotin secara dramatis terhadap perubahan respons pada konsumsi kokain yang berhubungan dengan perilaku kecanduan.

Berdasarkan hasil penelitian yang terinspirasi dari analisis baru dan data epidemiologi manusia menunjukan, pengguna kokain pada umumnya dimulai setelah mereka merokok dan hal ini berisiko tinggi membuat mereka menjadi pencandu.

"Penelitian ini menimbulkan pertanyaan menarik yang saat ini dapat digali lebih lanjut pada model binatang," ungkap Danise Kandel, salah satu penulis.

"Pertanyaannya meliputi, apakah alkohol dan ganja dapat membuat perangsangan dalam otak atau masuk dalam urutan 'pintu gerbang' penggunaan narkoba, seperti halnya nikotin? Kemudian, apakah setiap urutan menggunakan mekanisme yang berbeda?," lanjutnya.

Perlu diketahui penelitian epidemiologi dan data tidak membuktikan sebab-akibat. Keduanya hanya membuktikan adanya keterkaitan satu sama lain.

Artinya, penelitian ini menunjukkan ketergantungan kokain dapat dikaitkan dengan nikotin, tetapi penggunaan nikotin belum bisa dibuktikan secara pasti apakah dapat membuat orang kecanduan kokain.

"Hasil penelitian ini bertujuan untuk menciptakan program pencegahan yang efektif bagi kesehatan masyarakat terhadap bahaya nikotin, terutama bagi remaja," simpul para peneliti.
 
sumber: okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar